Search
Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Di Masa Depan

Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Di Masa Depan

Buah hati merupakan anugerah yang sangat berharga bagi semua pasangan. Untuk buah hati anda, ada banyak hal yang menjadi tanggung jawab anda, salah satunya adalah pendidikan untuk masa depannya. Biaya pendidikan anak di masa depan termasuk kebutuhan yang harus dipersiapkan dari sekarang. Hal ini dikarenakan biaya pendidikan di Indonesia semakin hari semakin tinggi sehingga harus direncanakan dengan matang sedini mungkin, agar pada saatnya anak bersekolah anda tidak mengalami kesulitan apapun dalam hal pembiayaan. Untuk mengantisipasi terjadinya krisis keuangan saat anda membutuhkan biaya pendidikan untuk sang buah hati, berikut ini kami hadirkan tips merencanakan biaya pendidikan buah hati di masa depan.

pendidikan anak

 

Meninjau kembali persediaan dana anda

Dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak di masa depan, hal pertama yang harus dilakukan adalah meninjau ketersediaan dana saat ini. apakah anda memiliki dana tabungan, polis asuransi jiwa, reksadana dan jenis investasi lainnya? jika ada, anda bisa mencatat jumlah nilainya, lalu proyeksikan nilainya saat anak anda mencapai usia 18 atau 21 tahun. Masukkan faktor lain seperti laju inflasi dan nilai yang diproyeksikan untuk asuransi jiwa.

Hitung biaya pendidikan buah hati di masa depan

Untuk langkah ini, anda dapat menghitung perkiraan biaya pendidikan yang dibutuhkan anak anda. anda bisa mulai dari mendata biaya pendidikan dan biaya hidup anda saat ini lalu kalkulasikan nilainya di masa depan. Seperti jika biaya kuliah selama 4 tahun untuk mencapai gelar sarjana ekonomi di Indonesia akan menghabiskan dana sebesar Rp. 140 juta, tambahkan nilai laju inflasi sebesar 15% setiap tahunnya, maka biaya kuliah selama 4 tahun akan berkisar Rp 1,14 miliar 15 tahun dari saat ini.

Hitung kekurangannya

Dari angka persediaan dana yang dimiliki, tentu anda melihat ada kekurangan untuk biaya pendidikan buah hati. Berapa banyak tabungan yang harus ditambahkan untuk menutupi kekurangan biaya pendidikan buah hati di masa depan.

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang yang harus dipenuhi. Untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dibutuhkan pengorbanan yang lebih besar. Dengan perencanaan di atas, anda akan terbantu mempersiapkan dana pendidikan dari sekarang.

Written by
Ari
Join the discussion

Kawista.id