Tips Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Secara sengaja maupun tidak, kita pasti pernah menghapus suatu file secara permanen. Entah untuk alasan “kebersihan” media penyimpanan atau memang file tersebut tidak penting lagi.

Lalu, bagaimana kalau kita tiba-tiba memerlukan file itu lagi?? atau tiba-tiba mengingat file tersebut saat benar-benar diperlukan?

Oke, pertama-tama jangan panik. Pada dasarnya, sebuah file yang telah dihapus atau terhapus dari komputer tidak benar-benar hilang begitu saja. Ada sebuah sistem rumit yang bertugas menampung file-file tersebut, hal inilah yang sering terlupa oleh kita dan menganggap file tersebut telah hilang ditelan bumi.

Berikut ini cara-caranya.

Tips Mengembalikan File yang Terhapus Permanen 1

1. Downlad dan install aplikasi bernamaPC Inspector File Recovery (tenang, aplikasi tersebut bersih dari segala virus, malware dan trojan)

2. Jalankan program PC Inspector File Recovery dan pilih “Find Deleted Files

3. Akan muncul berbagai Drive yang ada di komputer kamu. Sebagai contoh, kita akan mengembalikan file yang terhapus diLocal Disk D, klik tombol centang hijau di sebelah kanan.

4. Tunggu proses scanning, ini tergantung banyaknya data yang ada di Drive tersebut. Jika status filenya “Good” maka sangat mungkin untuk dikembalikan (recovery)

5. Pilih file yang ingin dikembalikan lalu klik kanan – Save to… lalu, pilihkan lokasi menampung file tadi dan biarkan prosesnya berjalan.

Sebenarnya masih banyak lagi software yang bisa digunakan untuk mengembalikan file seperti PC Inspector File Recovery. Tapi, software ini selain gratis juga mudah digunakan.