Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel di Malam Hari

Ponsel memang sangat membantu manusia dalam berkomunikasi dengan sesamanya, bahkan dengan munculnya Smartphone, ponsel bukan hanya untuk berkomunikasi tapi juga sosialisasi bahkan untuk bermain.

Sayangnya, ponsel juga membawa bahaya yang tidak sedikit. Kebanyakan orang sekarang menggunakan smartphone, yang selain sangat canggih juga sangat rapuh. Selain itu, juga menghasilkan radiasi yang cukup berbahaya.

Malam hari atau saat tidur adalah waktu dimana kebanyakan orang meletakkan ponselnya begitu saja di dekat mereka atau di bawah bantal. Padahal tindakan ini sangat beresiko. Misalnya,

Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel di Malam Hari 1

1. Ponsel bisa terbakar

Sebagian buku panduan smartphone terbaru sangat tidak mengajurkan bahkan melarang untuk meletakkan ponsel dibawah selimut, bantal atau bahan tebal lainnya. Apalagi dalam kondisi sedang mengisi daya (charging).

Risiko terburuknya adalah ponsel bisa terbakar karena panas yang dihasilkan begitu tinggi.

2. Sulit tidur

Ponsel dan alat-alat elektronik lain seperti TV dan lainnya menghasilkan cahaya biru yang menurut penelitian dapat membuat seseorang sulit tidur karena menghambat produksi melatonin.

Selain itu, gangguan berupa notifikasi atau telepon juga dapat menyebabkan sulit tidur.

3.. Risiko Kesehatan Jangka Panjang

WHO pernah mengingatkan bahwa dalam jangka panjang dan jumlah tinggi gelombang mikro elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel dapat menyebabkan tumor.

Hal ini lebih berbahaya bagi anak-anak, karena kulit dan tengkorak mereka jauh lebih tipis dari orang dewasa. Ini sebuah peringatan bagi para orang tua.

Dengan begitu banyak risiko, tentu kita harus pandai-pandai mencari solusi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel di Malam Hari.

Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel di Malam Hari 3

1. Jangan meletakan ponsel satu ranjang dengan kita

Selain radiasi yang lebih tinggi di malam hari, meletakan ponsel satu ranjang dengan kita juga bisa menyebabkan ponsel menjadi panas dan terbakar akibat tidak sengaja tertutup oleh bantal atau tubuh kita.

Saya tidak menemukan anjuran berapa jarak aman meletakan ponsel dari tubuh, tapi setidaknya jangan letakan terlalu dekat dengan tubuh terutama kepala.

2. Matikan paket data (offline mode) atau gunakan Mode Pesawat (Airplane Mode)

Pada malam hari, jika tidak mungkin mematikan ponsel karena alasan tertentu, usahakan menggunakan mode pesawat atau matikan paket data. Cara ini cukup besar manfaatnya untuk mengurangi radiasi dan gangguan yang dapat ditimbulkan.

3. Matikan ponsel secara total dan letakan sejauh mungkin

Ini adalah cara terbaik agar tidur serta kesehatan tidak terganggu oleh ponsel. Cobalah sesekali matikan ponsel saat tidur dan letakkan sejauh mungkin.

Membiarkan ponsel menyala saat tidur, selain membuat kualitas tidur menurun juga membuat seseorang bisa terkena sindrom Hypervigilance, dimana otak terus-menerus tegang dan waspada terhadap segala bentuk panggilan, hal ini membuat otak tidak bisa relaksasi di malam hari.

Itulah beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat.

Kata Pencarian Terkait