img

Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Smartphone di Malam Hari

/
/
/
73 Views

Smartphone dan ponsel memang sangat membantu dalam berkomunikasi bahkan hingga bersosialisasi. Sayangnya, bahaya yang mungkin bisa ditimbulkan juga tidak sedikit.

Kasus meledaknya baterai smartphone di dalam kantong hingga tingginya radiasi yang dipancarkan merupakan beberapa contohnya.

Kebiasaan menaruh smartphone terlalu dekat dengan tubuh saat tidur adalah salah stau kebiasaan buruk yang sebenarnya sangat berisiko.

Beberapa hal bisa terjadi misalnya:

Gambar 1 untuk Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Smartphone di Malam Hari

(Baterai) Smartphone Bisa Meledak

Di buku panduan penggunaan banyak smartphone, sebenarnya sudah ada anjuran untuk tidak menaruh smartphone dibawah selimut, bantal atau bahan tebal lainnya.

Hal ini terutama saat smartphone dalam kondisi mengisi daya. Risikonya mulai dari bahan tebal tersebut bisa terbakar karena panas yang dihasilkan smartphone hingga…

Risiko terburuk adalah smartphone jadi terbakar atau baterai smartphone yang jadi terlalu panas hingga meledak.

Gangguan Tidur

Alat elektronik dengan layar seperti laptop, TV dan smartphone sebenarnya menghasilkan cahaya biru (blue light) yang menurut beberapa penelitian dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur.

Blue light ini akan menghambat produksi melatonin di malam hari yang sebenarnya sangat penting untuk membuat seseorang jadi mengantuk.

Terpapar cahaya biru sebelum tidur justru akan membuat seseorang akan mengalami gangguan tidur. Apalagi jika terus menerus selama beberapa hari.

Efek Samping Gelombang Micro-Electromagnetic

Walau masih perlu penelitian mendalam, tapi WHO pernah memberi peringatan bahwa gelombang micro-electromagnetic yang dihasilkan oleh smartphone bisa berbahaya.

Gelombang ini berpotensi menyebabkan tumor, apabila seseorang terpapar dalam jangka panjang dan intensitas yang tinggi.

Risiko ini menjadi lebih tinggi bagi balita dan anak-anak, kulit kepala dan tengkorak mereka yang lebih tipis dari orang dewasa membuatnya lebih rentan pada gelombang micro-electromagnetic.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahaya radiasi smartphone dan ponsel, terutama di malam hari.

Gambar 3 untuk Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Smartphone di Malam Hari

Jangan Meletakkan Smartphone di Kasur

Selain radiasi yang lebih tinggi di malam hari, meletakan smartphone satu ranjang dengan kita juga bisa menyebabkan ponsel menjadi panas dan terbakar akibat tidak sengaja tertutup oleh bantal atau tubuh kita.

Para ahli belum setuju mengenai anjuran jarak aman antara smartphone dan tubuh di malam hari, tapi sangat dianjurkan untuk menaruhnya sejauh mungkin dari kepala.

Matikan Paket Data (offline mode) atau Gunakan Mode Pesawat (Airplane Mode)

Pada malam hari, jika tidak mungkin mematikan ponsel karena alasan tertentu, usahakan menggunakan mode pesawat atau matikan paket data. Cara ini cukup besar manfaatnya untuk mengurangi radiasi dan gangguan yang dapat ditimbulkan.

Matikan Smartphone Seutuhnya dan Letakkan Sejauh Mungkin

Ini adalah cara terbaik agar tidur serta kesehatan tidak terganggu oleh smartphone. Cobalah sesekali matikan ponsel saat tidur dan letakkan sejauh mungkin.

Membiarkan smartphone menyala saat tidur, selain membuat kualitas tidur menurun juga membuat seseorang bisa terkena sindrom Hypervigilance, dimana otak terus-menerus tegang dan waspada terhadap segala bentuk panggilan, hal ini membuat otak tidak bisa relaksasi di malam hari.

Jangan Gunakan Smartphone 30 Menit Sebelum Tidur

Seperti sudah dituliskan diawal bahwa smartphoen, TV dan laptop sebenarnya memancarkan blue light yang bisa menurunkan kualitas tidur seseorang.

Beberapa aplikasi dan smartphone sudah dilengkapi dengan blue light filter yang membuat layar jadi menguning di malam hari untuk mengurangi radiasi sinar biru ini.

Tapi, alangkah baiknya jika secara sadar tidak menggunakan smartphone bahkan menonton TV 30 menit sebelum tidur.

Itulah beberapa tips dari kami, semoga bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

This div height required for enabling the sticky sidebar