Tips Meningkatkan Fokus

Fokus, salah satu kata yang terdengar sangat mudah tapi sangat sulit untuk dilakukan. Banyak orang yang mecoba fokus melakukan sesuatu yang penting, namun ditengah jalan justru mendapat gangguan sehingga kehilangan fokusnya. Ada pula, orang yang memang sulit untuk fokus dalam melakukan sesuatu, alhasil, apa yang dicapainya tidak sesuai keinginan.

Meningkatkan fokus bisa dilakukan dengan banyak cara. Apakah cara tersebut efektif? Belum tentu. Tergantung bagaimana keseriusanmu untuk menjadi fokus pada suatu kegiatan. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan fokusmu dalam berkegiatan.

Tips Meningkatkan Fokus 1

1. Install StayFocusd atau LeechBlock

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah menginstall StayFocusd (bagi pengguna Chrome) dan LeechBlock (bagi pengguna Firefox). Kedua aplikasi ini bergunakan untuk memblock-mu untuk masuk ke situs yang membuang-buang waktu seperti Facebook, Twitter, Youtube dan lainnya.

Settinglah agar memblock situs yang dianggap akan menghambatmu dan atur waktunya pada saat kamu ingin fokus (jam kerja). Terutama, saat kamu ingin berusaha untuk fokus. Percayalah, dengan melakukan langkah pertama ini saja, fokusmu pada pekerjaan akan meningkat ke level yang lebih tinggi.

2. Fokus pada 3 Pekerjaan/Hari

Setelah berhasil menghentikan kebiasaanmu untuk mengecek atau sekedar wara-wiri di situs yang membuang-buang waktu. Langkah selanjutnya adalah membuat daftar kegiatan harian. Usahakan hanya membuat daftar 3 pekerjaan paling penting yang harus dikerjakan hari itu juga. Kenapa 3 saja? Akan dijelaskan pada point berikutnya.

Lakukan 3 kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin. Kalau sudah selesai, buat daftar baru yang hanya berisi 3 pekerjaan juga. Kamu boleh menyelesaikannya hari itu juga, boleh juga pada keesokan harinya.

3. Manfaatkan Pengingat

Jawaban kenapa hanya melakukan tiga pekerjaan saja adalah supaya produktivitas, efektivitas dan fokus tetap terjaga serta hasil yang didapat lebih memuaskan. Sambil mengerjakan tiga pekerjaan, buatlah pengingat, manfaatkan alarm handphonemu. Bunyikan setiap 25-30 menit agar kamu terus ingat untuk melakukan pekerjaanmu.

Bisa juga dimanfaatkan sebagai “deadline”, misalnya kamu harus menyelesaikan sebuah pekerjaan sebelum alarm berbunyi karena pada jam tersebut, kamu harus menyelesaikan pekerjaan lainnya. Ingat, jangan sampai “deadline” ini menurunkan kualitas hasil pekerjaanmu.

4. Tetap Produktif Walau Bosan

Mudah merasa bosan? Tidak apa, sebagian besar orang juga begitu. Lalu, apa yang harus kamu lakukan saat merasa bosan di tengah-tengah pekerjaan? Nonton TV? Lihat-lihat Facebook dan Twitter? BBM-an bareng pacar? Bukan!

Cobalah untuk berlari-lari kecil (olahraga ringan), menata tempat kerja / kamar kerjamu atau melakukan sedikit urusan yang akan bermanfaat bagi dirimu.

5. Kenali Dirimu

Bagian terpenting dalam menjadi lebih fokus adalah mengenali dirimu dari kebiasan yang kamu lakukan. Misalnya, kamu adalah orang yang mudah bosan, tidak suka duduk terlalu lama, sedikit suka berada di perpustaan dan lebih baik bekerja pada tengah malam sampai subuh.

Maka, lakukanlah pekerjaan yang paling menguras tenaga pada jam dimana kamu paling suka untuk bekerja. Lakukan dengan santai di kamarmu dan sambil mendengarkan sedikit musik penyemangat.

Ingat, setiap orang memiliki cara berbeda dalam meningkatkan fokusnya. Kenali dirimu dan temukan caranya.