7 Tips Mencuci dan Merawat Celana Jeans

Celana jeans merupakan salah satu produk fashion yang sangat populer dan cenderung mudah perawatannya. Celana Jeans awalnya lebih banyak digunakan oleh kaum pekerja kasar karena bahannya yang tebal serta kuat. Namun, belakangan, celana jeans menjadi barang fashion yang digunakan oleh banyak orang bahkan dalam berbagai kegiatan dari kasual, formal hingga kegiatan sehari-hari. Namun, sebenarnya bagaimana cara merawat celana jeans yang benar?

CEO Levi Strauss, Chip Bergh mengatakan bahwa dia mencuci jeans miliknya sekali dalam setahun. Walaupun terdengar menjijikan tapi dia mengaku tidak pernah terserang penyakit kulit. Jurnalis Amerika, Anderson Cooper juga menyampaikan hal senada, bahwa dia mencuci jeans miliknya setidaknya 6 bulan sekali . Itupun hanya dicuci dibawah shower menggunakan sabun dalam jumlah yang sedikit.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara yang tepat dalam merawat celana jeans agar awet dan tahan lama?

7 Tips Mencuci dan Merawat Celana Jeans 1

1. Jangan Sering Dicuci

“Mencuci” yang dimaksud disini adalah mencuci dengan sabun dan dikeringkan. Kalau jeans kotor, maka cukup cuci dengan air saja lalu diangin-anginkan saja. Jika noda masih belum hilang setelah dicuci menggunakan air, cobalah menggosok dengan tangan dan jika noda masih membandel, cucilah dengan sikat berbulu halus.¬† Semakin sering dicuci, maka jeans akan semakin ‘tipis’, daya tahannya akan menurun bahkan warnanya bisa memudar.

2. Cuci Sesuai Penggunaan

Jika memang sering digunakan, maka cucilah jeans setidaknya 3 bulan atau 6 bulan sekali. Sama seperti poin pertama, cucilah jeans dengan benar agar bahannya tetap awet. Jika memang jeans jarang digunakan, maka mencucinya sekali setahun pun tidak masalah apalagi jika memang jeans tidak kotor sama sekali.

3. Gunakan Hanya Sedikit Sabun saat Mencuci

Mencuci jeans memang sesuatu yang cukup krusial, sangat tidak disarankan untuk menggunakan pemutih sembarangan kecuali ingin warna jeans memudar. Jangan pula menggunakan terlalu banyak deterjen saat melakukan pencucian. Beberapa jasa laundry umumnya sudah mengetahui bagaimana cara mencuci jeans yang benar sehingga tidak merusak jeans itu sendiri. Namun, lebih baik jika mencuci jeans sendiri.

4. Bersihkan Kantong Jeans Sebelum Mencuci

Beberapa benda kecil yang mungkin ada di kantong celana seperti peniti, penjepit kertas bahkan koin bisa saja merusak jeans saat proses pencucian. Jadi, sebelum mencuci, pastikan untuk membersihkan kantong celana dari benda-benda kecil yang bisa merusak bahan jeans ini.

5. Jangan Memeras Jeans dengan Kasar

Bahan jeans memang cenderung tebal dan terasa kuat, namun bukan berarti bisa diperas dengan sekuat tenaga. Lalukan pemerasan secara lembut, bahkan jika bahan jeans memang tipis maka seharusnya jangan diperas karena justru bisa merusak bahan jeans itu sendiri.

6. Jangan Jemur dibawah Sinar Matahari Langsung

Kembali diingatkan bahwa walaupun jeans memang cenderung bahan yang tebal dan terasa kuat namun sangat tidak disarankan untuk menjemur jeans langsung dibawah sinar matahari. Jemurlah di tempat yang teduh atau cukup diangin-anginkan saja. Terkena sinar matahari langsung justru bisa merusak bahan jeans itu sendiri. Jemurlah dalam keadan bagian dalam celana berada di luar dan gunakan gantungan kayu agar lebih baik lagi.

Selain panas matahari, panas dari setrika juga bisa merusak jeans. Beberapa  cara yang disarankan adalah mulai dari melakukan setrika dalam keadaan bagian dalam berada di luar, atau tutupi jeans dengan handuk/selimut agar panas setrika tidak langsung mengenai bahan jeans.

7. Cara Menyimpan Jeans yang Benar

Sebenarnya tidak direkomendasikan untuk melipat jeans karena bisa merusak kontur dari jeans itu sendiri. Namun, jika sangat terpaksa, maka jangan dilipat lebih dari dua lipatan agar bahannya tidak rusak. Sangat disarankan untuk menyimpan jeans dengan cara digantung, apalagi jika menggunakan gantungan kayu agar bahannya tidak cepat rusak dan lebih awet.

Nah, itulah beberapa tips dalam mencuci dan merawat celana jeans. Jeans memang bahan yang terkesan tebal dan kuat, namun jika tidak dirawat dengan baik dan benar maka bahan ini cenderung mudah rusak dan rapuh. Jadi, jagalah baik-baik celana jeansmu.