Tips Merawat Celana Jeans

Saya sendiri termasuk orang yang sangat suka memakai jeans. Ada yang bilang bahwa jeans adalah pakaian yang cukup “universal”, artinya bisa digunakan dalam banyak kegiatan. Selain itu, merawat jeans terkesan sangat mudah bagi saya yang pemalas. Menurut beberapa orang, cara terbaik merawat jeans adalah dengan tidak rajin mencucinya. 😀

CEO Levi Strauss, Chip Bergh mengatakan bahwa dia mencuci jeans miliknya sekali dalam setahun. Walaupun terdengar menjijikan tapi dia mengaku tidak pernah terserang penyakit kulit. Jurnalis Amerika, Anderson Cooper juga menyampaikan hal senada, bahwa dia mencuci jeans miliknya setidaknya 6 bulan sekali . Itupun hanya dicuci dibawah shower menggunakan secolek sabun.

 

Agar Jeans tetap awet, maka berikut ini cara merawatnya :

1. Jangan mencuci jeans terlalu sering. Hal ini dilakukan untuk menjaga warna serta kualitas jeans. Kalau jeans agak kotor, cukup dibersihkan dengan air lalu diangin-anginkan saja. Jika noda belum juga hilang dengan air, coba gosok menggunakan tangan, pilihan terakhir adalah menggunakan sikat berbulu halus.

2. Cucilah jeans tergantung frekuensi penggunaanya, kalau sering digunakan cucilah 3 bulan atau 6 bulan sekali. Kalau jarang digunakan, mencucinya setahun sekali juga tak masalah.

3. Saat mencuci jeans jangan gunakan pemutih atau terlalu banyak detergen. Walau jasa laundry sekarang sudah banyak yang bisa “mencuci jeans”, tapi mencucinya sendiri tetap pilihan yang baik.

4. Ketika mencuci, pastikan tidak ada benda-benda yang bisa merusak jeans di dalam saku, misalnya peniti. Lalu, selalu pisahkan jeans dengan pakaian lainnya. Hal ini mencegah jeans melunturi pakaian lain atau sebaliknya. Jangan pernah menyikat jeans, kecuali sangat terpaksa. Gunakan sikat berbulu halus saat menyikat.

5. Saat memeras jeans, lakukan dengan lembut dan jangan gunakan segenap tenaga.

Tips : sebelum mencuci jeans, rendamlah terlebih dahulu dengan larutan garam. ( 2 sendok makan garam dengan 5 liter air), rendam selama 1 jam. Lalu, balik jeans sehingga bagian dalamnya berada di luar. Kemudian, bersihkan jeans dengan sedikit sabun.

6. Jika hendak menjemur jeans. Jangan dibawah sinar matahari langsung, gantunglah di tempat yang teduh atau cukup angin-anginkan saja. Gantung dalam keadaan bagian dalam berada di luar, gunakan gantungan kayu kalau tersedia.

7. Kalau ingin disetrika, baliklah jeans tersebut, Setrika dari bagian dalamnya. Hal ini untuk menjaga warna dan kualitas jeans.

8. Pilihan terbaik untuk menyimpan jeans adalah menggantungnya dengan gantungan kayu. Melipat jeans tidak direkomendasikan karena bisa merusak kontur jeans tersebut.

Itulah beberapa tips dalam merawat jeans kesayangan Anda.