Hari Ini:October 24, 2019

Tradisi Unik yang Masih Dilakukan Warga Bandung

Gambar 1 untuk Tradisi Unik yang Masih Dilakukan Warga Bandung

Bandung adalah salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Kota ini menyimpan banyak sekali potensi mulai dari tempat makan kekinian yang jumlahnya ada banyak hingga fashion yang unik. Bandung juga dikenal dengan tradisi dan budayanya yang masih kental dan beberapa ritual masih terus dilakukan.

Kalau Anda kebetulan sedang akan melakukan perjalanan ke Bandung dalam waktu dekat, lihat beberapa tradisi unik di bawah ini. Jangan hanya wisata kulineran karena beberapa atraksi yang ditampilkan tidak selalu ada dan sangat indah untuk diabadikan dengan kamera. Biar makin seru, adakalanya Anda bisa booking hotel di bandung agar bisa menikmati lebih banyak wisata di bandung.

Reuneuh Mundingeun

Tradisi Reuneuh Mundingeun hampir tidak ada lagi saat ini. Padahal tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini merupakan wujud dari rasa pasrah pada Tuhan dan ingin diberi keselamatan, khususnya saat sedang mengandung bayi.

Gambar 3 untuk Tradisi Unik yang Masih Dilakukan Warga Bandung

Ibu yang sudah hamil 9 bulan dan tidak juga mendapatkan persalinan biasanya harus melakukan upacara ini. Mereka akan dibersihkan lalu  diminta mengelilingi rumah sebanyak tujuh kali. Cara ini dilakukan untuk membuat bayi yang enggan keluar segera lahir.

Nenjrag Bumi

Tradisi di Bandung khususnya suku Sunda memang sangat unik. Ada tradisi yang dilakukan untuk membuat anak tidak gampang kaget. Anak dengan usia tertentu akan ditidurkan di atas susunan bambu. Lalu bambu itu akan digoyangkan dengan kaki sebanyak tujuh kali.

Cara ini dilakukan agar bayi tidak mudah sekali kaget, apalagi kalau ada petir atau suara besar lainnya. Bayi yang kagetan cenderung mudah sakit dibandingkan mereka yang lebih tahan.

Tembuni

Gambar 5 untuk Tradisi Unik yang Masih Dilakukan Warga Bandung

Tembuni hampir sama dengan memendam plasenta atau ari-ari di depan rumah. Cara ini dilakukan untuk membuat bayi tetap sehat. Selain itu ari-ari dipercaya sebagai kembaran dari bayi dan akan melindungi bayi yang baru saja lahir dari gangguan makhluk halus dan penyakit.

Gusuran

Tradisi gusuran ini dilakukan pada anak wanita yang masih kecil. Mereka akan mulai ditindik pada telinganya lalu diberi anting. Tradisi Gusuran dilakukan untuk mempercantik anak perempuan dan berharap mereka bisa tumbuh dengan baik di masa depan.

Pawai Jampana

Kalau di kawasan Jawa Tengah dan Timur kita mengenal ada pawai atau gerebek, di Bandung ada Pawai Jampana. Festival yang dilakukan oleh warga Bandung keturunan Sunda ini didukung oleh pemerintah setempat. Acara ini dilakukan saat hari ulang tahun dari Kota Bandung dan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Pawai Jampana akan mengarah berbagai hasil bumi yang disusun dengan baik. Kalau acara sudah selesai, warga akan berebut untuk mengambilnya. Konon kalau bisa makan atau mengambil hasil bumi pada festival ini, hal baik akan datang dalam kehidupan atau pertanian.

Tertarik dengan tradisi di atas dan memutuskan untuk menginap, hotel di Bandung jumlahnya ada banyak. Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan bujet meski pergi ke sana dadakan. Cukup pesan hotel dari jaringan Airy melalui aplikasi yang bisa diunduh dari ponsel Android atau Apple.

Gambar 7 untuk Tradisi Unik yang Masih Dilakukan Warga Bandung

Booking hotel online dari jaringan akomodasi terbesar se-Indonesia ini memiliki beberapa kelebihan. Anda akan mendapatkan jaminan fasilitas seperti kamar mandi dalam dengan air hangat, perlengkapan mandi, kasur bersih, AC, TV, air mineral, internet, dan air mineral.

Selain memiliki 7 fasilitas standar yang dijamin, Anda juga mudah saat melakukan pembayaran. Pelunasan bisa dilakukan melalui transfer bank atau kartu kredit. Nah, kapan nih pelesir ke Bandung?

Share

Leave a Reply