Hari Ini:October 24, 2019

Review Wolf Children, Kisah Seorang Ibu yang Luar Biasa

Gambar 1 untuk Review Wolf Children, Kisah Seorang Ibu yang Luar Biasa

Seorang ibu adalah sosok yang luar biasa, perjuangannya demi keluarga dan anak-anaknya sangatlah berat. Tapi, bagaimana jika anak-anaknya adalah serigala?

Inilah yang ditawarkan oleh film Wolf Childern, perjuangan seorang ibu muda, membesarkan dua anak manusia serigala di sebuah pedesaan, di sebuah suasana yang sangat baru baginya dan juga dua anaknya.

wolf children art

Perjuangan membesarkan dua orang anak kecil dengan kenakalan mereka masing-masing yang terkadang membuat jengkel atau bisa saja membuat tertawa.

Sinospsis Wolf Children

Hana adalah seorang mahasiswa yang jatuh cinta dengan seorang manusia serigala, keduanya melalui masa-masa sulit bersama. Bahkan, ketika Hana hamil, dia tidak bisa pergi ke dokter.

Saat melahirkan pun, Hana melakukannya sendiri di apartemennya yang kecil. Seorang bayi perempuan yang diberi nama Yuki.

Saat anak keduanya mereka lahir, Hana kelelahan. Suaminya berusaha mencarikan seekor burung untuk dibuatkan sup untuk Hana. Sayangnya, dia terbunuh saat berburu.

Membesarkan Yuki dan Ame sangatlah sulit, keduanya selalu berubah dari manusia ke serigala. Hana pun terpaksa harus menyembunyikan anak-anaknya dari dunia.

Mulai dari masalah dengan tetangga, masalah ketika Yuki sakit hingga kenakalan anak-anaknya. Hana bahkan harus menyembunyikan anaknya dari pemerintah.

Akhirnya, Hana memutuskan untuk pindah ke pedesaan, di sebuah rumah yang jauh dari pada teteangga.

Hana, Yuki dan Ame bekerja keras untuk memperbaiki rumah baru mereka, keluarga ini pun berusaha menanam sendiri makanan mereka agar tidak banyak berinteraksi dengan tetangga.

Waktu sekolah pun tiba, Yuki meminta pada pada ibunya untuk bisa bersekolah seperti anak lainnya.

Hana menyetujui hal itu, tapi Yuki harus menyembunyikan bentuk manusia serigalanya. Teman sekolah Yuki awalnya sudah menemukan keanehan Yuki, namun akhirnya dia berhasil berteman.

Ame tidak seperti Yuki, dia lebih tertarik untuk belajar di hutan dari seorang musang tua yang dipanggilnya Sensei tentang bertahan di alam liar.

Gambar 4 untuk Review Wolf Children, Kisah Seorang Ibu yang Luar Biasa

Suatu hari, kelas Yuki kedatangan murid baru bernama Souhei, dia langsung mengetahui ada yang aneh dengan Yuki. Saat Souhei berusaha mengejarnya, Yuki tidak sengaja berubah menjadi serigala dan melukai Souhei.

Saat keduanya bersama para orangtua dipertemukan di sekolah, Souhei mengatakan dia diserang oleh serigala serta tidak mau menyalahkan Yuki dan keduanya akhirnya berteman.

Yuki dan Ame bertengkar saat harus memutuskan menjadi seorang manusia atau serigala. Ame memilih akan mengantikan Sensei yang sedang sekarat dan akan menggantikan tempatnya. Keesokan harinya, Yuki terjebak di sekolah karena badai sementara Ame menghilang di hutan.

Di sekolah, tinggal Yuki dan Souhei sendiri yang belum dijemput. Yuki kemudian menunjukan pada Souhei rahasianya selama ini. Souhei mengatakan jika dia sudah mengetahuinya dan berjanji akan menjaga rahasia tersebut.

Hana memilih mengejar Ame ke hutan dan akhirnya tergelincir kemudian pingsan. Ame menemukan ibunya dan membawanya ke tempat yang aman.

Saat Hana tersadar, dia melihat Ame sudah menjadi serigala dewasa dan berlari menuju hutan. Hana menyadari bahwa putranya telah menemukan tujuan hidupnya.

Tahun berikutnya, Yuki meninggalkan sang ibu untuk tinggal di asrama bersama temannya. Lolongan Ame mampu terdengar hingga rumah mereka dan membuat Hana bahagia.

Hana akhirnya tinggal di rumah sendirian, menyadari bahwa dia bisa membesarkan kedua anak serigalanya dengan baik, seperti sebuah cerita fantasi saja.


Gambar 6 untuk Review Wolf Children, Kisah Seorang Ibu yang Luar Biasa

Bertema Berat

Anime ini merupakan salah satu film anime setelah 2010-an yang memiliki tema ‘seberat’ ini. Bercerita tentang perjuangan berat seorang ibu membersarkan anak-anaknya, unsur komedi, kekeluargaan, motivasi dan emosi dalam film ini sangat menakjubkan.

Penggambaran karakternya mirip dengan anime tahun 1990-2000an, walau secara penggambaran latar belakang bisa disebut sudah lebih baik dan merupakan generasi 2010-an.

Cerita yang Menyentuh

Cerita dalam film ini berfokus pada perjuangan seorang ibu yang luar biasa, bukan membesarkan anak-anak manusia, tapi anak serigala, bukan hanya satu, tapi dua. Sebuah kisah yang bisa disebut sangat luar biasa.

Saat perilisannya di Jepang, film ini mampu bersaing dengan karya dari Pixar, Brave dan merupakan salah satu dari 5 film dengan pendapatan tertinggi tahun 2012 lalu.

Review Wolf Children, Kisah Seorang Ibu yang Luar Biasa
Gambar 8 untuk Review Wolf Children, Kisah Seorang Ibu yang Luar Biasa

Seorang ibu adalah sosok yang luar biasa, perjuangannya demi keluarga dan anak-anaknya sangatlah berat. Tapi, bagaimana jika anak-anaknya adalah serigala?

Editor's Rating:
4

Leave a Reply